Tips Agar Tubuh Tidak Mudah Lelah Saat Berpuasa

Bulan Ramadan sudah dilaksanakan. untuk umat islam, puasa ramadan yaitu sesuatu keharusan yang perlu ditempuh. supaya tubuh terus tambah energi waktu berpuasa, sesungguhnya ada beberapa kiat spesifik untuk beri dukungan perihal tersebut. 

tips tubuh berenergi saat berpuasa

Menurut Dr. Tirta Prawita Sari, MSc, Sp. Gk, ketua yayasan gema sadar gizi, saat sahur baiknya menentukan makanan yang indeks glikemiknya ( nilai karbohidrat ) rendah. dr. tirta merekomendasikan untuk hindari makanan layaknya mi instan waktu sahur, dikarenakan kandungan glikemiknya tergolong tinggi. makanan yang indeks glikemiknya tinggi bikin seseorang lebih cepat lapar. menurut dia, makanan berindeks glikemik tinggi baiknya dikonsumsi saat berbuka. adapun sebagian panduan di bawah ini dapat menolong puasa anda terus maksimal serta tubuh terus tambah energi selama hari.

Tips Agar Tubuh Tidak Mudah Lelah Saat Berpuasa

1. Mengonsumsi makanan tinggi serat
Saat sahur, libatkan makanan-makanan berserat untuk disantap. Anda bisa mengkombinasikan antara nasi dan makanan berserat seperti sayuran atau kacang-kacangan. Makanan yang tinggi serat dapat memberikan efek kenyang yang lama sehingga anda tidak akan mudah lapar.

2. Mengonsumsi makanan berprotein
Mengonsumsi makanan berprotein seperti ikan, ayam, telur, dan tahu juga sangat penting, karena membuat tubuh jadi lebih berenergi. Kurangnya asupan protein dapat membuat tubuh cepat lemas dan lesu.

3. Mengonsumsi lemak baik
Lemak baik bisa didapatkan dari ikan, kacang-kacangan, minyak kelapa murni, dan buah seperti alpukat. Lemak terutama lemak baik  (HDL) juga diperlukan tubuh untuk menyerap nutrisi. Selain itu, lemak baik berperan penting dalam menyediakan energi bagi tubuh.

4. Batasi garam
Batasi mengonsumsi makanan yang asin ketika sahur. Mengonsumsi makanan yang tinggi garam akan membuat tubuh anda cepat lapar dan dehidrasi.

5. Jangan memasak makanan terlalu lembek
Untuk menjaga tubuh tetap berenergi selama berpuasa, sebaiknya jangan memasak makanan yang terlalu lembek. Hal ini dikarenakan makanan yang lembek dapat membuat tubuh menjadi cepat lemas.

6. Penuhi kebutuhan cairan
Jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan dengan minum air putih setidaknya 8 gelas setiap hari (akumulasi ketika sahur dan berbuka).

7. Olahraga
Sempatkan pula waktu untuk beraktivitas fisik. Olahraga dapat membuat tubuh tetap bugar sepanjang hari, sehingga tubuh anda tidak mudah lemas. Pilihlah olahraga yang menurut anda ringan.